Senin, 23 Desember 2013

Ngeuyeuk Seureuh

NGEUYEUK SEUREUH itu apaaa???

okeh, gw ambil artinya dari Wikipedia :)
Ngeuyeuk seureuh biasanya diselenggarakan sehari sebelum akad nikah, dapat juga pada sore hari atau malam hari setelah akad nikah, dirumah orang tuapengantin wanita[1]. Pelaksananaanya dipimpin oleh seorang wanita yang telah berumur yang disebut pangeuyeuk.[1]Pangeuyeuk adalah orang yang paham betul tentang cara ngeuyeuk seureuh.[1] Pangeuyeuk ditemani oleh seorang laki-laki tua yang bertugas membakarkemenyan pada waktu upacara serta membaca do'a setelah upacara selesai.[1]Upacara ini tidak boleh dihadiri oleh sembarang orang, melainkan hanya oleh orang tertentu saja, yaitu:
  1. Kedua orang tua calon pengantin[1]
  2. Keluarga terdekat yang sudah berkeluarga atau dewasa[1]
  3. Orang yang sudah berumur dan dianggap perlu[1]
hmm..ambil positifnya buang negatifnya, ini bener" cuma adat aja, gak ada magic"an, gak ada yang bakar"an kemenyan juga siiihhh..malah yang ada seuseurian..alias keketawaan..wkwkwkwkk..

Langsung aja ya, cekibrooot....



kain putih itu beneran kain kafan, tapi dalemnya bukan mayat yaaa


waktu keluarga mas ocha dateng, memang di setting langsung bawa seserahan, karena klo seserahan pas akad nikah, ribet karena harus bawa" ke gedung, rempong yee..
jadilah dibawa pas ngeuyeuk seureuh, jadi besok pas akad dan resepsi gak usah mikirin bawa" beginian..







adegan disini kocak, awalnya papanya mas ocha ngomong akan maksud kedatangannya ke sini sekalian bawa seserahan, lalu disambut sama papa klo kedatangannya diterima, tapi untuk yang lain"nya diserahin ke mama.. mama lagi aneh, dikasih mic langsung bilang "langsung saja saya terima Drady.." apaaaa coba mama ini..tapi udah gitu nanya balik ke MC:
mama: , ini yang diterima apanya ya pak? seserahannya kan?
MC: ahh ya gak tau saya mah
mama: lha saya ditanya diterima gak ya saya terima aja
MC: ya udah lah bu, terima beres ajaa -__-
all: maksudnyaa??? (pada ketawa haseum pada gak ngerti)





nahh, setelah diterima mas ocha nya, lalu seserahannya, duduklah semua di belakang kain kafan itu, lalu gw dipanggil..oiya, ceritanya tetep gw diumpetin di kamar, dan BTnya gw wktu itu sendirian, alhasil basi basi yang agak lama tadi gw gak denger, lhaaa knp gw tau adegan haseum si mama??--> kan gw udah nonton videonya.. aslinya yaaa, BT nunggu sendirian di kamar, alhasil gw nonton FTV, entah apa judulnya..dengerin basa basi di luar gak bisa, ya udah nyetel tipi..



ini gw sama mas ocha disuruh minta ijin dan restu lagi ke orang tua karena besok mau melangsungkan akad nikah, lalu dijawab sama papa mama, kemudian memotong benang yang dibentangkan..
artinya sih orang tua memberikan restu pokoknya mah..






naahh, klo yang ini ceritanya menggulung si kain..siapa yang paling cepet itu yang menang..lucunya ini ramenya kaya nonton pertandingan bola..
ocha..!!ocha..!!nia..!!nia..!!




nahhh, itulah barang dibawah kain kafan..banyak kaaaan..paling atas ada baju gw sama mas ocha masing" 1 setel lalu bawahnya langsung kain sarung..
terus si kain sarung dan baju" qt itu dibawa lari kedalam kamar pengantin..itungannya sih 10 tapi hitung kilat, mana gw pake kain samping yaa..susah lah jalannyaaaa x_x






ini bagian yang kelupaan, harusnya di awal..dipukul pake sapu lidi..
klo kata wikipedia sihh.. " “dikeprak” ( dipukul pelan pelan ) dengan sapu lidi, diiringi nasehat bahwa hidup berumah tangga kelak harus dapat memupuk kasih sayang antara keduanya."

terus mas ocha disuruh ngebelah labu..artinya apa?gak tau gw..
cuma pas udah dibelah ditanya?
MC: bagus ya mas ocha warnanya kuning..
mas ocha: orange pak
MC: iya deh, klo kata teh nia apa?
gw: orange
--kuning dari mana pak??--
adegan belahnya pun diketawain, katanya gini nihh masih baru mah wajar aja salah"..tapi sambil pada ketawa semua..karena hampir isi dari ngeuyeuk seureuh ini berhubungan sama kehidupan malam pertama..jadi yaaa agak" dihubungkan ke arah sana, tapi lucunya memang disitu..klo mas ocha bilang sih ini sama aja mempermalukan diri sendiri..



terus lagi sekarang ngebelah buah pinang yang segede biji nangka..susyeehhh
dibelaaaahhh, diliat warnanya apaaaa, terus di pegang pake jari, berlendir gak mas??terus dicium, baunya kaya apa..
wkwkwkwkwkkk..sumpahnya ini to the point banget






klo yang ini mayang jambe..
mas ocha mash, pas ditanya ini bentuknya kaya apa ya mas ocha??
mas ocha: adukan DODOL (dengan tampang polosss-___-)
padahal kaaaann ________
tapi ya sudahlah, belom liat aslinya sih..wkwkwkwk

disuruh dibelah dan suaranya sumpah geli..krek krek krekkkk
--linu--


pas dibuka rame bener, berambut lebat..wkwkwkwkwk










lalu bagian ini, menumbuk "halu"
gw ditanya sama si MC, neng klo si aa numbuk, neng diem aja atau gimana?
gw: diem aja donk (muka datar)
ya iya kan? klo ceritanya ada isinya, pas ditumbuk terus gw goyang" yang ada isinya jadi belecetan kemana"..
jadilah gw diketawain..terus minta mama papa gw nyontohin mana yang bener..

si papa numbuk, mama goyang"in wadahnya
seeemuuuaaaaa ketawa, termasuk gw yang gak ngerti apa" itu akhirnya ooohhhhh maksudnya kesitu tooohh
mana liat muka mama papa yang kocak numbuknya, pas diminta diulang numbuk si mama gak mau goyang"in wadahnya, katanya kurang kenceng..ckckckckc mama niiii




mama papa mas ocha juga diminta nyontohin, dan ternyata lebih hebat, padahal kan baru kali ini ngikutin acara ngeuyeuk seureuh, tapi disuruh numbuk halu pake acara diangkat sedikit wadahnya..extrem style ya mama :)



terusss lanjut..sang calon pengantin dikumpulin disitu sama ade"nya
disuruh rebutan duit yang ternyata diumpetin di bawah tikar..
pihak gw menaaaaang donk :) hasilnya lebih banyak..
tapi gak peduli siapa yang menang, doanya sama" semoga kedua keluarga banyak rezeki, terus uangnya dikumpulin lagi terus disawerin ke semua yang nonton disitu :) berbagi rezeki, termasuk semua buah"an dan kue ringan disana juga gw sawerin sampe abis..






hampir terakhir, gw sama mas ocha harus bagiin bingkisan..isinya simple cuma keluarga gw yang nyediain
sabun, sampo, odol, sikat gigi, tisue, handuk kecil, dettol
gak sengaja ternyata isinya 7..angka bagus menurut gw..
jadi gw kasih ke sodara mas ocha, lalu mas ocha ngasih ke keluarga gw


terakhir, gw sama mas ocha disuruh buang sisa perlengkapan perang kita tadi ke perempatan jalan atau ujung jalan, isinya kaya mayang jambe, padi, pinang dll ke bundaran deket rumah gw..artinya pertanda bahwa dirumah kita lagi ada hajatan..oiyaa, dan harus sedikit lari diperintahnya..
tapi ada yang bilang juga artinya membuang semua keburukan dimasa lalu dan memulai kehidupan yang baru..mbuhh mana yang bener pokoknya itu ajah seruuuuu



















































make up: tante neng
foto & video: le-sae
dekorasi: sendiri, bawaan MC dari bandung
kecapi suling: mama esih (se-grup sama dekor dan MC)